Satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari pembalap yang satu ini, Brilliant !. Meskipun Simoncelli telah tiada tapi namanya akan abadi dikalangan pecinta MotoGP. Marco Simoncelli tewas setelah kecelakaan yang dialaminya di sirkuit Sepang, Malaysia. Ban depan motor Colin Edwards jadi perantara maut menjemput pembalap bertalenta hebat tersebut pada hari minggu (23/10/2011). Red Flag dikibarkan atau Race dihentikan, MotoGP dan dunia balap berduka karena kehilangan Simoncelli. Helm yang dia kenakan terlepas. Simoncelli terkapar di lintasan dan badannnya tak bergerak lagi. Sementara dua pembalap yang ikut tertabrak tidak luka-luka dan balapan Sepang dihentikan.
Sepanjang keikutsertaannya
di MotoGP World Championship, beberapa kali Simoncelli mengalami
kecelakaan di tengah laga. Gaya balapan Simoncelli memang dikenal
flamboyan, sejumlah orang menyebutnya "urakan".
Simoncelli lahir dari seorang ibu yang bernama Rosella dan ayahnya Paulo Simoncelli. memulai karir di 2002 di kelas 125 World Championship. Sepanjang empat
tahun berlaga di kelas ini, pembalap yang bergabung di tim Aprilia ini
sukses menang sebanyak tiga kali dan tujuh kali naik podium dari 50 kali
tampil.
Pada 2006, Pembalap yang akrab disapa
Super Sic ini naik kelas ke 250 World Championship. Bersama tim Gilera,
sepanjang keikutsertaannya di kelas ini, Simoncelli berhasil memenangi
12 laga dan 22 podium dari 64 serie yang diikutinya.
![]() |
podium pertama marco di sirkuit brno |
![]() |
sebelum insiden terjadi di sepang |
![]() |
![]() |
Kondisi helm Sic setelah insiden Sepang |
- Nama lengkap : Marco Simoncelli
- Kebangsaan : Italia
- Tempat dan tanggal lahir : Cattolica, 20 Januari 1987
- Tim : Gresini Honda
- Nomor motor : 58
- Jumlah seri GP : 132
- Jumlah kemenangan GP : 14
- Juara dunia GP : 1 kali di GP250cc tahun 2008
Rekam jejak prestasi
Simoncelli
1987: Lahir di Cattolica, Italia 20 Januari.
1996: Runner-up di Kejuaraan minimoto Italia.
1999: Juara Kejuaraan minimoto Italia.
2000: Back-to-back di Kejuaraan minimoto Italia dan runner-up di
Kejuaraan Eropa minimoto.
2001: Pindah ke kejuaraan 125cc Italia dan memenangkan gelar di tahun
rookie.
2002: Memenangi gelar 125cc Eropa.
2003: Masuk di Kejuaraan Dunia 125cc dengan tim Racing Matteoni.
2004: Bergabung dengan tim Rauch Bravo dan memenangkan Grand Prix
pertamanya di Jerez hujan-basah.
2005: menyelesaikan 125cc dengan tim Ras Nocable.it
2006: Pindah ke kelas 250cc untuk Gilera.
2008: Juni – Memenangkan balapan pertamanya 250cc di GP Italia di
Sirkuit Mugello dalam keadaan kontroversial ketika Hector Barbera
menabrak dirinya.
Oktober – Memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc setelah musim yang sukses
dengan Gilera dengan selesai tempat ketiga di Grand Prix Malaysia di
Sepang.
2009: Finalis ketiga di Kejuaraan Dunia 250cc belakang Jepang Hiroshi
Aoyama dan Spanyol Barbera.
2010: Moves atas untuk naik di MotoGP musim debutnya bagi Honda. Selesai
16 dari 18 ras perjalanan ke tempat kedelapan di kejuaraan.
2011: Mei – bertabrakan dengan Dani Pedrosa di Sirkuit Le Mans saat GP
Perancis.
Juni – Berkarir di GP Catalan menempati posisi ke enam .
23 Oktober – Tewas dalam kecelakaan GP Malaysia di Sepang
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Kelebat ban depan motor
Colin Edward jadi perantara buat maut menjemput pebalap bertalenta
hebat tersebut, Minggu (23/10/2011). Race dihentikan. MotoGP dan dunia
balap motor berduka karena kehilangan Simoncelli.
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Kelebat ban depan motor
Colin Edward jadi perantara buat maut menjemput pebalap bertalenta
hebat tersebut, Minggu (23/10/2011). Race dihentikan. MotoGP dan dunia
balap motor berduka karena kehilangan Simoncelli.
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Kelebat ban depan motor
Colin Edward jadi perantara buat maut menjemput pebalap bertalenta
hebat tersebut, Minggu (23/10/2011). Race dihentikan. MotoGP dan dunia
balap motor berduka karena kehilangan Simoncelli.
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Read more at: http://www.ruanghati.com/2011/10/24/profil-dan-otobiografi-marco-simoncelli-sang-juara-sejati/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar